Friday, 4 August 2017

Cara Mendeteksi Kerusakan Kabel Data

Kabel data adalah salah satu barang yang mungkin bisa dibilang penting bagi kelangsungan hidup handphone, terutama smartphone. Namun malah, kadang barang inilah yang sering sekali rusak tanpa diketahui penyebabnya. Ada yang rusak sekali saja, baru dua kali, atau bahkan ada yang rusak setiap bulan, walau sudah diganti dengan kabel data original namun tetap saja rusak. Penulis pun sudah lebih 5 kali gonta ganti kabel data, yaa mungkin tidak terlalu banyak.

Nah, di artikel ini penulis tidak akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki kabel data yang sudah rusak ataupun cara membuat kabel data ataupun cara membeli kabel data baru. Saya akan mencoba mengulas cara-cara mendeteksi kabel data yang sudah rusak. Monggo disimak.

1. Cek apakah ada bagian kabel yang mengelupas
Ini adalah cara pertam yang harus dilakukan, cek dahulu, apakah ada tanda-tanda kabel tersebut mengelupas. Apabila sudah parah, atau bahkan sudah copot salah satu dari beberapa anak kabel di dalam kabel data, yasudah, berarti kabel anda sudah divonis rusak.

2. Cek di berbagai device
Kadang kabel rusak pun bisa sekedar halusinasi atau perasaan belaka, mungkin kita merasakan kabel data yang dikonekkan ke charger mengisi lebih lama dari biasanya. padahal sebenarnya sama saja. Ada baiknya anda coba dulu kabel nya di device teman-teman anda, apa benar mengisinya lebih lambat dari biasanya. Jika memang mengisi lebih lambat dari biasanya, seperti kasus saya, waktu pengisian dari yang awalnya 4 jam menuju full, malah menjadi 8 jam untuk full, silakan persiapkan uang untuk membeli kabel baru.

3. Tes kabel via laptop
Pada beberapa kasus, contohnya kasus saya beberapa waktu yang lalu, ketika digunakan ke charger, tidak mengisi. lalu dicoba hubungkan ke laptop, alhasil terdeksi dan bisa digukanan sebagai media transfer file dan photo. Jadi jika kasus anda sama seperti saya diatas, sebaiknya cari kabel data baru.

4. Gunakan aplikasi ''Ampere''
Nah bagi yang pengen lebih tau-tau-tau karena kepo apakah benar atau tidak kabelnya itu rusak, silahkan anda download apliasi nya di Google Play disini. Cara kerja app ini simpel banget sih, jadi doi bakal nge cek seberapa besar arus yang masuk ke dalam hp anda kalau anda sedang dalam posisi charging. Normalnya, akan seperti gambar dibawah ini, namun apabila dalam keadaan abnormal, atau bisa dikatakan rusak, bisa mencapai 80 atau 60 mAh saja dan alangkah lebih baiknya apabila kabel diganti dengan yang baru


Demikian kira-kira, jadi konklusi nya, jika anda sedang berada dalam masa 'tenggang' atau kondisi dompet anda sedang tidak memungkinkan untuk membeli kabel data yang disini dihargai sekitar Rp.15.000 an, makan sebaiknya anda meminjam kabel teman atau kerabat terdekat terlebih dahulu, dan jika anda dapat memperbaikinya, maka itu jauh lebih baik dan utama.












Read More

Tuesday, 25 July 2017

Cara Agar Layar Android Muncul Hewan

halo agan semua ..
udah lama ane kaga posting dimari , kali ini ane bakalan mosting sesuatu yang lagi ngetrend di dunia Android , dan juga lagi ramenya pamer-pameran di facebook yaitu adanya hewan yang lagi jalan dilayar android seperti contoh screenshoot yang ane jadiin contoh dari artikel ini pada salah satu gambar dibawah.

Aplikasi ini manfaatnya setau ane cuma buat lelucon aja , atau mungkin bagi yang lagi pengen pamer bisa dipake tuh buat mamerin ke orang-orang awam yang tidak tau dengan aplikasi ini.

nah buat agan semua yang ingin androidnya ada muncul hewan yang lagi traveling/touring/jogging dilayar androidnya , maka agan bisa mengikuti atau menggunakan aplikasi yang saya bagikan pada link dibawah ini .

1.Ular yang lagi jalan jalan di layar android
Download Disini
2.Kucing dilayar lagi nongkrong

3.Semut yang lagi pulang kampung
Download Disini

Dari ketiga aplikasi yang saya bagikan diatas , anda bisa mendownload salah satu ataupun semuanya ,dan menerapkannya sesuai dengan prosedur yang disediakan aplikasi tersebut, dan jika anda menggunakan seluruhnya ,bisa saja android anda dibanjiri oleh hewan hewan tersebut.

Demikian saja artikel kali ini ,semoga dapat membantu anda untuk iseng iseng dan berbahagia ria .. huehehehe

Read More

Sunday, 23 July 2017

Kelebihan dan Kekurangan Nge-Root HP Xiaomi


credit: youtube

Kegiatan rooting atau bahasa sederhananya 'nge-root' sepertinya sudah sering atau paling tidak, pernah di dengar oleh kalangan pengguna smartphone android. Apalagi bagi orang-orang yang sudah terbiasa ng-oprek atau modif android, mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari.

Didenger pun sejatinya bukan berarti mengerti bukan? ada yang hanya pernah mendengar, dan cuma bisa mangut-mangut aja. Dan, sepertinya ada kesini karena sedang mengenal si root lebih dalam sebelum meminangnya  mempraktekkannya. Ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu root.


Dikutip dari lifehacker.com:
''Rooting means you have root access to your device—that is, it can run the sudo command, and has enhanced privileges allowing it to run apps like Wireless Tether or SetCPU'' 

''Rooting berarti Anda memiliki akses root ke perangkat Anda-yaitu, anda dapat menjalankan perintah sudo, dan memiliki hak istimewa yang disempurnakan yang memungkinkannya menjalankan aplikasi seperti Wireless Tether atau SetCPU''

Nah, jadi begono masbro, sesuai judul, kalo anda berkeinginan nge-root hp xiaomi anda karena satu ato beberapa alasan, dan anda nyari tentang keuntungan/kelebihan serta kerugian/kekurangan dari kegiatan rooting itu sendiri, saya akan jabarkan di artikel ini. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman author sendiri setelah berkecimpung di dunia oprek android khususnya ber-brand Xiaomi serta tambahan dari berbagai sumber lain.


Keuntungan / Kelebihan


1. Menjadi lebih intim dengan smartphone sendiri


Dengan melakukan rooting otomatis anda akan mendapatkan hak khusus tak terbatas untuk mengelola smartphone anda, berbeda dengan orang-orang yang masih belum mendapat root akses, mereka hanya dapat mengelola smartphonenya secara terbatas, atau 'limited privileges'



2. Lebih bebas menkustomisasi android 


Jujur ini salah satu prioritas tujuan mengapa saya memilih untuk nge-root smartphone xiaomi saya. Karna yaa ini hal yang penting, dengan melakukan oprek-oprek skin, kita menjadi tidak mudah bosan dengan smartphone kita, walaupun umurnya sudah tidak muda lagi. Contoh aplikasi yang membutuhkan Root untuk dapat dijalankan di smartphone android adalah XMIUI



3. Bisa menghapus aplikasi bloatware yang memenuhi kapasitas penyimpanan


Siapa yang tidak sebal dengan adanya bloatware? aplikasi bawaan yang dipaksa untuk tetap terinstall di hp anda dan tidak bisa di uninstall. Tapi tenang, dengan adanya akses root, semua bisa diatur. Menghapus bloatware seperti g**gle drive, play music, movie, duo, sam*ung chat dsb dapat dilakukan dengan sangat mudah,

4. Penyimpanan, Baterai, Peforma dapat dimaksimalkan


Hal Ini merupakan salah satu tujuan banyak orang dalam rooting, dengan akses penuh terhadap smartphone tentu anda dapat lebih leluasa mengatur tingkat keborosan, aplikasi yang berjalan di background, aplikasi bawaan. dll.


5. Fitur tak terbatas

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang tidak dapat disebutkan satu persatu, sebagai contoh yaitu menginstall aplikasi khusus rooted device, menginstall '(hek game:v)', mengganti custom rom dkk.



KERUGIAN / KEKURANGAN

1. Dapat berujung pada error, bootloop, softbrick, hardbrick


Setiap kegiatan yang kita lakukan tentunya mempunyai resiko, dan resiko diatas merupakan hal umum bagi seorang ophreker, toh semua masalah mempunyai solusi, hehe. Jadi anda tidak perlu takut dalam menghadapi hal diatas. santay baday ajay bray.


2. Android lebih rentan terserang malware

Sebenarnya saya sendiri kurang setuju dengan yang ini. Memang benar dengan membuka akses root,
otomatis kita pun membuka akses untuk malware menyerang lebih fatal. Tapi itu sendiri kembali kepada si opreker, apabila bijak dalam menggunakan, tentu dapat terhindar dari malware terganas sekalipun, hehe.

3. Menghanguskan garansi


Dengan melakukan rooting maka kita telah membuat garansi untuk hp tersebut hangus. Maka apabila terjadi kerusakan saat melakukan atau setelah melakukan rooting, baik berupa error atau brick, maka pihak penjual dan garansi tidak akan menerima kartu garansi anda lagi, silahkan bereksperimen sendiri atau bawa ke dokter hp terdekat, hehe. Jadi, think twice ya gaes


Q&A

Q: Apakah dengan melakukan rooting pada hp xiaomi fingerprint dan find device tidak berfungsi lagi ?
A: Enggak kok, ini saya sendiri device redmi 3x setelah unlock bootloader, kemudian root flash pasang ini itu, masih work kok, gps find device, fingerprint. namun saya juga tidak tau bagaimana dengan device lain yang mungkin bisa saja fitur tersebut terganggu


Baiklah, kira kira demikian penjabaran agak panjangnya hehe. Saran saya kepada pembaca, apabila berniat melakukan rooting, pertimbangkan dulu efeknya, karena penyesalan selalu datangnya diakhir. Dan jangan pula merasa takut akan menghadapi brick, cukup hadapi dengan tenang, sabar, tidak panik, dan siap-siap merogoh kocek jika dibawa ke dokternya.
Read More

Monday, 17 July 2017

Harga Dan Spesifikasi OPPO F1 Selfie Expert Terbaru Juli 2017

Harga dan Spesifikasi OPPO F1 Selfie Expert Tebaru!
OPPO saat ini telah merilis sebuah smartphone yang dikhususkan untuk memiliki kemampuan kamera yang mumpuni dibandingan produk smartphone lain , karena dari itu OPPO Merilis sebuah smartphone dengan seri F yang memiliki kamera sangat jernih dan berkualitas.

Dari Seri pertama seri F ini yaitu OPPO F1 memiliki kamera yang berkualitas tinggi yaitu pada kamera depan dipasangi kamera dengan resolusi 13MP dan juga pada kamera depannya 8MP. Maka dari itu sangat jelas bahwa seri F1 ini sangat berkualitas untuk menjamin hasil foto yang mumpuni bagi penggunanya.

Selain kamera itu , OPPO F1 ini didesain dengan tampilan yang elegan dan mewah , dengan ukuran layar 5 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 yang tentunya sangat cukup untuk dioperasikan dan digenggam dengan satu tangan.

Dengan juga layar yang sudah dilapisi anti gores Gorilla Glass yang akan membuat OPPO F1 ini terawat dari lecet pada layar.

Memiliki RAM 3 GB dan prosesor SnapDragon 616 yang menunjang pengoperasian penggunanya yang akan membuatnya lebih ringan.

Berikut Spesifikasi dari OPPO F1 :


SPESIFIKASI
HARGA Rp 3 Jutaan
JARINGAN
GSM / CDMA GSM
Dual SIM Ya
Jenis SIM Nano-SIM/Micro-SIM
GPRS Ya
EDGE Ya
3G / HSDPA Ya
4G LTE Ya
Speed LTE Cat4 150/50 Mbps
HSPA 42.2/5.76 Mbps
DESAIN
Dimensi 143.5 x 71 x 7.3 mm
Berat 134 gram
Material All Metal
LED Notifikasi Ada
LAYAR
Jenis IPS LCD Capasitive
Lebar 5.0 Inchi
Resolusi 720 x 1280 pixel
Kerapatan ~294 ppi
Proteksi Corning Gorilla Glass 4
2.5D Curved Glass
HARDWARE
Chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
CPU Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53 & 1.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
RAM 3 GB
MEMORY
Internal 16 GB
Eksternal MicroSD Up to 256 GB
ANDROID
Android OS v5.1 Lollipop
Skin Coolor OS 2.1
KAMERA UTAMA
Resolusi 13 MP
Phase Detection Autofocus Ya
LED Flash Ya
OIS Tidak
Video 1080p@30fps
KAMERA DEPAN
Resolusi 8 MP
Screen Flash Ya
Autofocus Tidak
OIS Tidak
KONEKTIFITAS
Wifi Ya
Wifi Direct Ya
Bluetooth Ya
Infrared Tidak
NFC Tidak
FM Radio Ya
USB MicroUSB 2.0
USB OTG Ya
SENSOR
Accelerometer Ya
Ambient Light Ya
Proximity Ya
Compass Ya
Gyroscope Ya
Finger Print Sensor Tidak
BATERAI
Jenis Li-lon
Kapasitas 2500 mAh
Removable Tidak
Fast Charging Tidak
Read More

Sunday, 2 July 2017

Cara Mengetahui Password WiFi Dengan Windows

hallo bro dan sis ..
ane kali ini bakalan memberikan sebuah tutorial sederhana dan tentunya sangat berguna untuk kita semua ,apalagi yang masih awam menggunakan PC berbasis Windows dan juga yang ingin mengetahui ilmu sederhana ini.

Nah pada postingan ini ane memberikan tutorial yang berjudul “Cara mengetahui Password WiFi dengan Windows” yang tentunya dapat dilakukan dengan berbagai jenis windows apa saja , baik itu Windows XP, Windows 7 atau Windows 8 bahkan Windows 10 dan mungkin juga jika masih ada yang memakai Windows Vista bisa dicoba jika work , hehehe

Baiklah sebelum memberikan tahapan untuk memulai tutorial ini , ada sedikit keterangan yang bakalan ane jelasin kepada visitor blog ini ...

WiFi ?? pasti udah pada tau apa itu Wifi , kalo ente enggak tau dengan yang namanya WiFi nggak mungkin ente bakalan nyari postingan ini , haha
Jadi yang ini ga usah ane jelasin ya ..

Password Wifi ?? duhh ini masasih juga ga tau ?

Dan penjelasan yang paling penting tentunya , postingan ini membahas “Cara Mengetahui” bukan membobol ya ..
Jadi nanti yang salah paham dan kurang pengertian kayakny butuh ane belai dulu biar paham ama judulnya .. hehehe

Baiklah .. begini langkah-langkahnya agar bisa mengetahui password WiFi pada Windows :

1.Pastikan PC anda terhubung dengan salah satu spot WiFi
2.Jika sudah , silahkan melirik taskbar pada PC anda , dan klik kanan pada bagian WiFi
3.setelah itu, maka akan muncul pilihan , Anda pilih “Open Network and Sharing Center”


4.Pada bagian ini bakalan terlihat WiFi mana yang terhubung dengan PC kita (pada PC saya yang terhubung adalah WiFi dengan nama “Xana”) , lihat gambar :


5.Berikutnya kita klik Nama WiFi yang telah terhubung tersebut , maka akan muncul tab WiFi Status (Menampilkan Penjelasan dari WiFi yang sedang kita gunakan)


6.Lalu silahkan anda klik pada bagian Wireless Properties untuk ketahap selanjutnya
7.Selanjutnya akan muncul beberapa tab , maka dari itu pilihlah tab “Security” untuk melihat bagian keamanan dari WiFi yang terhubung ke PC kita tersebut .
8.nahh pada tahap akhir ini, silahkan anda centang pada bagian “Show Password” untuk memunculkan atau Melihat Password WiFi yang telah terhubung ke PC kita


9.Dan selesai , muncul deh password dari WiFi yang udah kita sambungin ke PC kita .

Mengetahui Password dari Wifi pada Windows yang sudah terhubung dengan PC kita merupakan hal yang mudah dan juga cara melakukannya sederhana namun berguna tentunya untuk orang-orang awam dalam menggunakan PC berbasis Windows.

Dengan berakhirnya artikel sederhana ane kali ini , ane tutup deh pake kata-kata yang sangat indah dan mempesona agar bro dan sis yang mampir kesini ga bosen baca artikel dari ane ..
Ini kata-kata indah yang udah ane rangkai dari pagi ketemu pagi ..
“Terima Kasih telah berkunjung ke blog  ini dan juga udah baca artikel sederhana ini dengan seksama” huehehehe

Jika ada yang kurang paham atau kekurangan dari artikel ane kali ini,silahkan anda sisipkan komentar sebagai kritik atau saran untuk artikel ini dan sebagai perbaikan pada artikel selanjutnya agar lebih berkualitas .


Ketemu lagi di artikel selanjutnya bro dan sis ...
Read More

Sunday, 18 June 2017

Kuota Gratis Telkomsel 12 Bulan Terbaru Juni 2017

Haloo agan sista semua , lama banget ane kaga posting artikel diblog tercinta kita ini , hehehe
Untuk hari ini ane nemuin trik atau jelasnya adalah Dial untuk mendapatkan Kuota Gratis Selama masa waktu satu tahun atau dua belas bulan dari telkomsel.

Dial yang ane dapat ini berfungsi bisa untuk seluruh kartu telkomsel aktif ataupun bisa jadi hanya untuk kartu sakti saja , maka dari itu untuk mengaktifkannya harus dierhatika  faktor hoki , faktor face , dan faktor yang memungkinkan tingkatan hoki meningkat , wkwk

Sebelum ane share dan bahas cara untuk mendapatkan Kuota internet satu tahun secara Gratis , cukup yang harus agan sista ketahui bahwa ini sepertinya memang Legal dari telkomsel sendiri dan merupakan hal yang sudah biasa terjadi untuk didapati oleh orang orang berfaktor hoki tinggi .

Baiklah , agan sista bisa memulai langkah untuk mendapatkan kuota gratisan ini dengan menyiapkan Kartu Telkomsel Aktif dan juga Handphone atau Smartphone sebagai alatnya.

Langkah berikut lakukan dial dengan menekan tombol *363*77#

Selanjtkan agan sista akan dihadirkan dengan jenis dari kuota yang agan sista dapatkan menurut hasil dial yang saya berikan diatas , saya sendiri telah mencoba dan mendapatkan kuota sebesar 1,6 Gigabyte selama masa waktu satu tahun Secara Gratis.

Untuk membuktikan bahwa ini tidak Hoax maka saya siapkan Cuplikan penampakan dari dial yang saya lakukan terhadap kartu telkomsel sakti saya berikut ini :



Nah sudah jelas ini tidak Hoax dan agan sista bisa menyobanya untuk membuktikan, Jika tidak dapat melakukan aktivasi berarti agan sista tidak memiliki faktor yang diperlukan yang saya sebutkan di atas, hehehe

Dan sebagai penutup , ane kasi solusi buat agan sista semua bagi yang kerepotan masalah kuota . Agan bisa mencari solusi di Blog ini dengan menggunakan keyword "Internet Gratis"  yang telah saya cukupkan dengan beberapa tutorial untuk menanggulangi krisis kuota masyarakat indonesia, wkwk

Terima kasih bagi sobat yang telah menyempatkan diri membaca artikel berguna namun penuh tawa ini , Jangan lupa untuk terus berkunjung di blog ini, karena akan selalu ada update an terbaru tentang Android , Pc , dan Hal lainnya .
Read More

Tuesday, 13 June 2017

Cara Tether Koneksi Tunnel SSH Android ke PC Tanpa Root

Kegiatan tethering atau dalam bahasa awamnya sering disebut 'Hotspotin' aka 'Hotspot' sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari, atau bahkan mungkin kita sendiri yang sering minta hotspot ke temen-temen karena dompet yang sudah meraung raung kalo dikeluarin buat beli kuota. Minta hotspot temen memang nikmat mas bro, tinggal minta, dah pancal aja deh gamikir lagi itu nasib kuota temennya gimana nasibnya. Parahnya, hotspot dihidupin niatnya buat satu orang temen doang. eh tau tau yang connected to device udah 10 orang, kasian kan.

Masalahnya sekarang, kalo kalian yang low budget user pake SSH nih, ato positive thinkingnya kalo make tunnel SSH karena suatu alasan, nah gabisa tuh tether koneksi kalian, ke Laptop ataupun ke Android lain jadi kepikiran terus, "gimanaaa ya cara biar bisa bagi koneksi dari android gw ini dari SSH nya, gw kan pengen ngegame juga nih di PC, mana Andro gw blom di root lagi'' tenang bro, di artikel ini saya bakal kasih tutorial, biar kalian bisa tether koneksi dari Android kalian ke pc dan pastinya tanpa root.

Bahan Dan Alat

1. Kabel Data / Kabel USB
2. Smartphone
3. PC
4. Software PC > Disini Download
5. Software Android > Download Disini

Step Step

1. Download aplikasi untuk PC & aplikasi untuk Android

2. Install PDA NET+ di Android terlebih dahulu

3. Lalu buka Setting android anda, lalu cari USB Debugging, lalu aktifkan. Jika HP anda xiaomi, maka pergi ke About Phone> Tap MIUI Version 10x. Setelah ada pemberitahuan ''You are developer now!"
Back, lalu pergi ke Additional Setting > Developer options > USB Debugging


2.Kemudian Install PDA NET untuk PC, anda akan menemukan opsi dibawah ini, pilihlah sesuai dengan jenis smartphone anda.

Lalu, saat menginstall untuk PC, akan keluar juga pop up , jangan pencet ''Skip USB''. Ambil kabel data anda, lalu colokkan ke PC dan Android anda, lalu akan keluar seperti gambar dibawah ini, ikuti saja seperti di gambar




Setelah selesai install anda bisa pencet X atau Finish, terserah



4. Sekarang, konek kan SSH anda ( bisa dengan HTTP Injector, KPN Tunnel, Eproxy, Apk Custom dan sebagainya

5. Buka PDA NET+ di android, lalu centang Activate USB Mode, seperti gambar dibawah, jika muncul pop up seperti dibawah ini, pencet saja 'No. Already Installed"'


6. Colokkan HP Android anda ke PC menggunakan USB cable, atau kabel USB, atau kabel data.

7. Di PC atau Laptop, anda lihat di bar dibawah itu cari ikon PDA NET PC nya, biasanya jika Driver Android anda telah terdeteksi, icon akan berubah seperti gambar



8. Klik ikon di PC tadi 2x

9.Jika muncul pop up seperti dibawah, berarti selesai :) done. Silahkan tes membuka google


NB. suatu saat nanti bisa saja anda akan mengalami auto disconnect tiap 30 menit atau bisa saja tiap berapa puluh menit, hal tersebut terjadi karena adanya limit yang diberikan oleh developer apps nya (Android Version) Karena itu masih free edition(lihat gambar)
Kalo mau yang no limit, silahkan beli yang pro nya :) atau yaaa pandai pandai kalian lah :v .


Nah, demikian lah kira kira prosesnya, ga ribet kok, serius, tapi kalo belom apa apa udah ngeluh kepanjangan silahkan cari tutor lain aaz :)) . Tapi yaa gimanapun caranya buat smartphone blom di root masih enakan pake cara tether langsung via aplikasinya gan, contohnya di HTTP injector udah langsung ada opsi tether connection. Akhir kata, gunakan lah sebijaknya, jangan lupa, do it with your own risk :)) Thanks.

Read More